Jumat, 16 Oktober 2020

Perjuangan Hari Pertama Sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya

SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya, Senin, 12 Oktober 2020 adalah hari pertama saya melaksanakan roadshow sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar, dengan tema "Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar". SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya yang juga sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur  merupakan sekolah dimana tempat saya mengabdikan diri, yang berada di Jl. Raya Belitang Karang Binangun II BK 11, Kec. Belitang Madang Raya, Kab. Ogan Komering Ulu Timur, Prov. Sumatera Selatan. Jarak dari sekolah dengan tempat tinggal saya sekitar 1 km. 


Dua hari sebelum kegiatan sosialisasi dimulai, tentunya butuh persiapan, mulai dari koordinasi dengan kepala sekolah dan MKKS serta menyebarkan undangan ke sekolah-sekolah di zona 4, semua perlu dipersiapkan dengan matang. Saya pun turut membantu mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari persiapan tempat, pemasangan spanduk, sound system, proyektor, dll. 


Tepat pukul 07.30 WIB saya sampai di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya ini, dan ternyata Bapak Wakimin, S.Pd, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sudah berada dilokasi sekolah. Kegiatan sosialisasi ini dimulai pkl. 08.00 WIB, yang dihadiri oleh 57 peserta dari 13 sekolah yang berada di zona 4 tingkat SMP, yang masing-masing sekolah diwakili oleh kepala sekolah, waka kurikulum, dan satu orang guru. Selain dihadiri oleh Kadisdikbud OKU Timur, sosialisasi ini juga dihadiri oleh 2 orang pengawas dan ketua MKKS Zona 4.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. OKU Timur 
memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan 
sosialisasi pemanfaatan portal Rumah Belajar


Kegiatan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Bpk. Wakimin, S.Pd, M.M. Berikut susunan acara Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya :

  1. Pembukaan oleh Bu Riantinah, S.Th selaku Pembawa Acara
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PPK yang dipandu oleh Bu Wiwin Winihanti, S.Pd seorang Guru PPKn di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya
  3. Doa bersama yang dipimpin oleh Bpk Drs. Nursidik selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  4. Sambutan oleh Kepala SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya dan juga selaku Ketua Zona 4 Bpk. Drs. Sri Margono, M.M
  5. Sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. OKU Timur Bpk. Wakimin, S.Pd, M.M dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi kegiatan Sosialisasi Portal Rumah Belajar
  6. Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar oleh SRB Sumsel Nanang Diantara
  7. Penutup

Dalam pengarahannya, Kadisdikbud OKU Timur ini mengatakan, "Tahun-tahun berikutnya peserta PembaTIK dari OKU Timur harus lebih banyak, sehingga guru-guru dapat berkarya demi kemajuan pendidikan khususnya di OKU Timur, para pendidik juga tidak tertinggal dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju, dan dengan mengetahui serta memanfaatkan portal Rumah Belajar maka akan ada inovasi-inovasi terbaru yang muncul dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik tidak bosan dengan mata pelajaran yang hanya disampaikan secara klasikal tanpa ada inovasi-inovasi yang menarik dan menyenangkan."

Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusias dari peserta pun membuat saya menjadi lebih semangat untuk berbagi. Ternyata masih banyak yang belum tahu tentang Rumah Belajar. Ditengah kegiatan berlangsung masih terjadi kendala yaitu signal yang tidak stabil sehingga saat peserta mendaftarkan dirinya di portal rumah belajar mengalami sedikit kendala. Namun hal itu tak menjadikan patah semangat para peserta, mereka terus mencoba sampai akhirnya mereka bisa terdaftar di rumah belajar.

Sosialisasi ini tidak hanya memperkenalkan portal rumah belajar, tetapi bagaimana memanfaatkan secara maksimal dengan cara membuat media pembelajaran berbasis website dari google sites sebagai media pembelajaran dan inovasi yang menarik dan menyenangkan. Peserta saya arahkan untuk membuat website media pembelajaran secara mandiri, dengan harapan para peserta dapat mengemas media pembelajaran secara menarik dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan ini diharapkan dapat diimbaskan di sekolah masing-masing, sehingga tidak ada lagi guru yang tidak tahu apa itu rumah belajar, bagaimana pemanfaatannya, dan bagaimana membuat media pembelajaran berbasis website dengan sangat mudah tanpa mengetahui bahasa script atau kode-kode html. Setelah guru dapat memahami tentang portal rumah belajar, barulah diimbaskan ke siswa agar dapat belajar secara maksimal melalui portal rumah belajar.

Dihari pertama ini saya merasa kewalahan untuk mendokumentasikan kegiatan yang saya laksanakan, tetapi ada sahabat yang luar biasa yang selalu membantu dan mensupport saya, sehingga saya tidak perlu cemas lagi dengan hasil dokumentasi yang nantinya akan menjadi bahan laporan kegiatan yang telah saya laksanakan. Berikut hasil dokumentasinya:


"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"


#PembaTIKLevel4
#MerdekaBelajar
#RumahBelajar
#DutaRumahBelajar
#SRBSumsel
#PembaTIK2020
#DRB2020
#PusdatinKemdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar