Jumat, 16 Oktober 2020

Hari Kedua Sosialisasi Portal Rumah Belajar Di SMP Negeri 1 Belitang, Tidak Kalah Seru

Selasa, 13 Oktober 2020 di SMP Negeri 1 Belitang, saya mengadakan sosialisasi yang kedua kalinya tentang pemanfaatan portal Rumah Belajar dengan tema "Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar". Saya tiba di lokasi pkl. 07.30 WIB dengan mengenakan rompi kesayangan SRB untuk pertama kalinya. Acara dimulai pkl. 08.00 WIB yang dibuka langsung oleh Bapak Wakimin, S.Pd, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. 


Kegiatan ini dihadiri oleh MKKS, seluruh kepala sekolah dari Zona 3, pengawas, dan  perwakilan bpk/ibu guru dari 14 sekolah tingkat SMP yang ada di zona 3 baik negeri maupun swasta, sehingga jumlah keseluruhan yang hadir adalah 29 peserta. Sama halnya di hari pertama, masih banyak peserta yang belum tahu tentang rumah belajar. Dengan semangat mereka dan rasa ingin tahu tentang apa rumah belajar, sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana mengakses rumah belajar, bagaimana memanfaatkan rumah belajar dan proses untuk melakukan pendaftaran atau pembuatan akun pun ditanyakan. 


Pada sosialisasi ini saya mengarahkan para peserta untuk mengakses alamat link portal rumah belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id, bagi peserta yang tidak membawa laptop saya arahkan untuk mendownload aplikasi rumah belajar melalui playstore. Setelah proses pendaftaran dan instalasi selesai, saya bantu mereka bagaimana cara masuk ke fitur-fitur rumah belajar, mulai dari sumber belajar, kelas maya, bank soal, dan laboratorium maya serta penggunaan fitur-fitur pendukung lainnya. 


Setelah pengenalan rumah belajar sampai dengan tahap pemanfaatannya, saya lanjutkan untuk sesi pembuatan website melalui google site yang akan digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan pembuatan website ini adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan portal rumah belajar dan mengemasnya sesuai mata pelajaran menjadi media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. 


"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"


#PembaTIKLevel4

#MerdekaBelajar

#RumahBelajar

#DutaRumahBelajar

#SRBSumsel

#PembaTIK2020

#DRB2020

#PusdatinKemdikbud



Tidak ada komentar:

Posting Komentar