Sabtu, 17 Oktober 2020

Antusias Peserta Sosialisasi Rumah Belajar Di Hari Ketiga, Membuatku Semakin Semangat Berbagi

Rabu, 14 Oktober 2020 di SMP Negeri 1 Belitang III saya melaksanakan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jumlah peserta pada kegiatan ini mencapai 42 peserta dari 17 sekolah tingkat SMP dimana setiap sekolah diwakili 2 orang guru dan untuk sekolah yang menjadi tuan rumah berjumlah 10 peserta. 

Kegiatan pun cukup menyengkan apalagi saat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengajak para peserta melakukan salam rumah belajar dengan mengangkat kedua tangan membentuk logo rumah belajar. Bapak Kadisdikbud juga mengajak foto bersama dengan pengawas dan ketua MKKS zona 3 dan 4. 

Kadisdikbud, Pengawas, MKKS, dan Kepala Sekolah sedang melakukan salam rumah belajar


Seperti biasa kegiatan dibuka dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPK, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah dan Kadisdikbud OKU Timur. Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. OKU Timur mengatakan bahwa guru yang telah mengikuti kegiatan PembaTIK merupakan guru yang menjadi bibit dari guru penggerak. Oleh karena itu, diharapkan untuk kedepannya peserta PembaTIK dari OKU Timur harus lebih banyak lagi. Dengan semakin banyaknya guru yang mengembangkan keterampilannya dibidang TIK, berarti OKU Timur sudah siap memajukan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Sosialisasi ini saya awali dengan sedikit memperkenalkan kegiatan PembaTIk yang saya ikuti, karena setelah saya tanya ke peserta, banyak yang belum tahu apa itu Pembatik. Setelah saya menjelaskan tentang pembatik, maka saya lanjutkan dengan membuka pengenalan portal rumah belajar. Mulai dari fitur-fitur yang tersedia sampai dengan tahapan pembuatan akun dan pemanfaatannya dalam pembelajaran.

Seiring berjalannya sosialisasi, masalah pun masih timbul yaitu susahnya jaringan yang tidak stabil sehingga untuk akses ke portal rumah belajar agak susah. Tetapi hal ini tidak membuat patah semangat para peserta. Untuk mensiasati hal itu, peserta saya arahkan untuk mendownload aplikasi rumah belajar melalui HP/Android meskipun dalam aplikasi tidak selengkap yang ada di tampilan dekstop via PC atau Komputer. 


"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"


#PembaTIKLevel4

#MerdekaBelajar

#RumahBelajar

#DutaRumahBelajar

#SRBSumsel

#PembaTIK2020

#DRB2020

#PusdatinKemdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar