Senin, 27 Juli 2020

Contoh Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC)

 Apa itu SAC?

SAC adalah singkatan dari Smart Apps Creator. Ini adalah semacam pembuat aplikasi tapi versi agak instan, tidak memakai coding-coding yang terlalu ribet. Apa keuntungannya untuk pembelajaran? Ini yang akan kita cari tahu.


Manfaat SAC dalam Pembelajaran

Menurut saya ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh saat menggunakan SAC sebagai media pembelajaran:
  • Peserta didik jadi tidak bosan dengan cara belajar yang itu-itu saja. Dengan SAC pembelajaran bisa jadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga lebih mudah diterima oleh peserta didik.
  • Jika pembuatnya kreatif, aplikasi ini tampilannya bisa seperti game-game yang menarik. Bisa berisi materi dan quiz seperti petualangan tetapi dikaitkan dengan pembelajaran. Kalau produk saya sendiri sih belum bisa sekeren itu. Masih perlu banyak belajar. Tapi di luar sana sudah ada beberapa guru yang bisa mengemas pembelajarannya seperti game interaktif yang menarik sekali tampilannya.
  • Bisa dijalankan tanpa koneksi internet. Ini keuntungan lain memanfaatkan SAC. Aplikasi yang sudah saya buat, saya kirim lewat WA kemudian murid bisa menginstalnya di gawai mereka masing-masing. Bisa dipakai belajar berulang-ulang tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini sangat mudah untuk dipahami oleh kalangan orang yang tidak/belum mengetahui bahasa coding seperti saya pribadi, awalnya saya hanya mencari inovasi agar bisa memberikan pembelajaran di masa pandemi ini dengan harapan pembelajaran yang saya lakukan tidak monoton dan lebih menarik, sehingga apa yang saya tuangkan dapat diserap dengan baik oleh peserta didik.

Jika sahabat belajar ingin melihat contoh atau menggunakan media pembelajaran yang sudah saya buat, silakan klik tombol download di bawah. Silakan instal di android sahabat belajar.



Jadi pada dasarnya SAC bisa juga diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif selama pembelajaran daring di masa pandemi ini, dengan tetap menggunakan kurikulum yang ada.

Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi sehingga sahabat belajar lebih semangat dalam melaksanakan pembelajaran.

Salam sehat untuk kita semua.
Terima Kasih
@ND Creative

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2020

#RumahBelajar


1 komentar:

  1. Terima kasih pak, ilmunya sangat bermanfaat, kapan-kapan bisa kopdar ya, agar bisa belajar bareng

    BalasHapus