Kamis, 30 Juli 2020

Disdikbud OKU Timur Laksanakan Pelatihan Manajemen dan Optimalisasi Pembelajaran Daring

 


Dalam rangka mengoptimalkan sistem pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) atau online bagi seluruh tenaga pendidik dan guru-guru mulai dari tingkat, TK, SD dan SMP di Kabupaten OKU Timur. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) OKU Timur melakukan pelatihan manajemen dan optimaslisasi pembelajaran Daring. Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Disdikbud OKU Timur Wakimin, S.Pd, MM serta dihadiri 52 peserta yaitu guru perwakilan dari Kecamatan Martapura, Jayapuran dan Bunga Mayang. Selain itu kegiatan ini juga mendatangkan narasumber dari Disdikbud OKU Timur Sri Hartini, SE, MM, Guru SMP N 3 Madang Suku 1 Himawan Bastari, SPd dan Guru SMP N 1 Belitang Madang Raya Nanang Diantara, S.Pd yang berlangsung di SD N 20 Martapura, Rabu (29/7).


Dalam sambutannya, Kepala Disdikbud Wakimin, S.Pd, MM mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan ini selain untuk menyatukan persepsi dan tujuan bagi tenaga pendidik atau guru dalam mengoptimalkan penerapan pembelajaran secara daring atau online. Sehingga tidak ada lagi guru-guru yang tidak paham harus menggunakan media apa dalam penerapan sistem pembelajaran online, serta bagaimana pengoperasian media itu sendiri.


“Jadi pelatihan ini intinya memberikan pengetahuan bagi guru terhadap proses pembelajaran online, baik dengan menggunakan aplikasi group WhatsApp, Google Form, Lark, Classroom dan aplikasi Zoho form. Selain itu, peserta ini juga langsung diajarkan atau praktek bagaimana pengoperasiannya. Sehingga proses pembelajaran online selama massa pandemi ini bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.


Dikatakan, selain diwilayah Martapura pelatihan ini juga akan terus dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di OKU Timur dengan dibagi menjadi 10 titik lokasi. Kemudian pelatihan juga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan sebelum masuk ruangan dan tetap menjaga jarak. “Semoga adanya pelatihan ini semua guru-guru dapat lebih memahami bagaimana cara mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang dipakai sebagai sarana pendukung pembelajaran online ini,” tambahnya.


Sementara, Kasi Kesejahteraan, Penghargaan dan Mutu PTK sekaligus narasumber manajeman pembelajaran kelas online Sri Hartini, SE, MM menambahkan, kenapa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka?. Sebab selain diberikan materi, para peserta langsung diajarkan praktek melalui berbagai aplikasi sesuai kebutuhan masing-masing. Salah satu contohnya, peserta diajarkan bagaimana membuat daar hadir online, membuat video pembelajaran serta tata cara membuat soal bahasa Inggris yang tidak bisa ditranslate ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu pada kegiatan ini peserta juga dihimbau agar dapat mencari referensi sumber belajar yang mendukung seperti, Portal rumah belajar, Guru berbagi,Laboratorium Maya, Kelas Maya, Video Pembelajaran dan Media Pembelajaran Interaktif. “Harapan kita setelah kegiatan ini guru tidak hanya memberikan tugas saja kepada siswa, namun bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk memudahkan komunikasi, pembelajaran, absensi serta pemberian nilai kepada peserta didik secara online,” pungkasnya.


Sumber : https://www.midor.co/2020/07/disdikbud-lakukan-pelatihan-manajemen-dan-optimalisasi-pemberlajaran-daring/2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar