Minggu, 11 Oktober 2020

Lolos Seleksi Pemba TIK Level IV Nasional, Nanang Diantara Raih Apresiasi dari Kadisdikbud

Guru SMP N 1 Belitang Madang Raya, Nanang Diantara, M.Pd.B berhasil lolos seleksi program pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) Level IV Nasional. Bahkan atas pencapaian ini, Nanang mendapatkan apresiasi langsung dari Kadisdikbud OKU Timur Wakimin, SPd, MM. 


Seleksi PembaTIK ini diselenggarkan Lembaga Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menurut Nanang Diantara, program Pemba TIK ini merupakan program peningkatan kompetensi guru TIK, yang mengacu pada peningkatan guru TIK UNESCO. Kegiatan ini terdiri dari 4 level, pertama Literasi, kedua Implementasi, ketiga Kreasi dan keempat Berbagi. 

 

Foto : Nanang Diantara mengenakan rompi kebanggaan SRB

Nanang menjelaskan, dari seribu lebih peserta dari Sumatera Selatan dan 70.312 secara nasional yang mendaftar. Ia berhasil masuk 30 besar guru perwakilan dari setiap Provinsi kejenjang PemabTIK level 4. “Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan semua pihak saya berhasil lolos seleksi. Meskipun tantangan PembaTIK tahun ini lebih sulit dari sebelumnnya, namun dengan kegigihan dan motivasi belajar saya mampu bersaing,” jelasnya. Program PembaTIK ini, berbeda dengan mengajar secara konvensional atau tatap muka. Sebab tantangan dalam menerapkan PembaTIK harus mampu mengintegrasikan. Kemudian guru yang mengikuti program latihan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) merupakan bibit guru penggerak.


“Pelatihan PembaTIK ini sangat penting bagi guru, terutama saat pembelajaran pada saat pandemi Covid 19. Selain itu membutuhkan guru yang cerdas dan menguasai teknologi pembelajaran," katanya.


Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, SPd, MM saat menerima audiensi Nanang di ruangan kerjanya mengatakan, Ia merasa sangat bangga atas prestasi dan pencaiapan guru-guru Kabupaten OKU Timur. Bahkan, pihaknya akan mendukung penuh berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK untuk mewujudkan merdeka belajar. “Saya bangga, ketika mengetahui program pelatihan guru PembaTIK, tahun ini OKU Timur dapat bersaing dengan guru se-Sumatera Selatan dan daerah lain,” katanya.


Prestasi ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Serta menjadi penanda bahwa OKU Timur banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam mengimplementasikan teknologi kedalam proses belajar. Menurut Wakimin, Disdikbudnas OKU Timur akan terus mendukung inisiatif dan inovasi para guru. Bahkan Ia berharap semangat gotong royong guru akan semakin mantap. Sehingga para guru lebih siap beradaptasi dan siap melakukan tindakan serta tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi. “Situasi saat ini memaksa kita supaya lebih keras dan lebih cerdas. Sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik,” katanya. Kompetensi guru sambungnya, dalam penguasaan teknologi menjadi krusial. Untuk itu Ia berharap guru lebih inisiatif dan terus berpacu dengan tuntutan zaman. “Tantangan pada masa depan bukan berarti akan lebih mudah. Semoga tujuan kita untuk menciptakan kemerdekaan dalam belajar mengajar melalui inisiatif dan inovasi dapat segera tercapai,” tandasnya.

 

Sumber : https://www.midor.co/2020/10/lolos-seleksi-pemba-tik-level-iv-nasional-nanang-diantara-raih-apresiasi-dari-kadisdikbud/

 

#PembatikLevel4

#PembaTIKBerbagi

#PembaTIK2020

#RumahBelajar

#SahabatRumahBelajar

#SRBSumsel2020

#MerdekaBelajar

#OKUTimurMulia

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar